Rabu, 10 Juni 2015

Cara Mengolah Sayur dan Buah dengan Benar



Sayur dan buah akan lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar dan minim pengolahan. Cara mengolah sayur dan buah yang salah dapat merusak kandungan vitamin dan mineral

Sayur dan buah sangat baik dikonsumsi oleh segala usia. Selain bersifat alami, sayur dan buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Kandungan tersebut akan lebih maksimal terserap oleh tubuh jika diolah dengan benar. Sayangnya banyak yang belum mengetahui cara mengolah sayur dan buah agar kandungannya tetap terjaga. Berikut ini disajikan cara mengolah sayur dan buah dengan benar.

Sayur dan buah adalah bahan makanan yang lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan segar dan dengan sedikit pengolahan. Untuk menjaga kesegarannya Anda dapat menyimpan sayur dan buah di lemari pendingin. Beberapa sayuran dapat dikonsumsi mentah sebagai lalapan seperti kol, timun, kemangi, selada, tomat, dan tauge. Jika Anda ingin mempertahankan kandungan serat pada buah dan sayur, sebaiknya jangan mengolahnya menjadi jus karena serat akan rusak. Jika Anda memiliki anak yang susah makan buah dan sayur, maka campurkan kedua bahan itu dalam makanan favorit anak Anda.

Kulit buah juga mengandung banyak nutrisi maka jika memungkinkan, konsumsi buah dan sayur dengan kulitnya. Buah dan sayur yang dapat dikonsumsi tanpa mengupas kulitnya adalah tomat, ketimun, pir, belimbing, dan apel. Cuci sayur dan buah dengan bersih sebelum dikonsumsi agar tidak ada kotoran yang masuk kedalam tubuh. Hindari memasak sayuran terlalu matang karena kandungan vitaminnya cepat rusak dalam proses pemanasan. Lebih baik memasak sayur dengan cara merebus atau mengukus daripada menggoreng untuk menghindari kandungan minyak pada makanan.

Jika Anda suka mengkonsumsi bayam, jangan masak bayam dengan panci berbahan alumunium karena reaksi alumunium dan zat besi yang ada pada bayam akan menimbulkan racun. Makanlah sayuran yang Anda buat hari ini dan jangan memanaskan sayur karena pemanasan yang berulang-ulang dapat memicu racun. Jika Anda ingin merebus sayuran, masukkan sayuran setelah air mendidih agar proses memasak sayur tidak terlalu lama dan merusak kandungannya. Mengkonsumsi buah dan sayur memang baik bagi kesehatan, namun Anda juga harus mengolahnya dengan tepat agar kandungannya tidak rusak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar